Jenjang Sekolah :
SMP NEGERI 15 KOTA
SERANG
Mata Pelajaran : IPA Terpadu (Biologi)
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu :
2 X 40’ ( 1 x Pertemuan )
Standar
Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar : 2.1
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi
alam, dan perkembangbiakan.
Indikator :
1.
Mendeskripsikan
bagian-bagian bunga.
2.
Menjelaskan cara penyerbukan pada tumbuhan.
3.
Menjelaskan
cara pembuahan pada tumbuhan.
4.
Menjelaskan
pentingnya peran perkembangbiakan bagi tumbuhan.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran siswa mampu:
1.
Mendeskripsikan
bagian-bagian bunga dengan benar.
2.
Menjelaskan cara penyerbukan pada tumbuhan dengan benar.
3.
Menjelaskan
cara pembuahan pada tumbuhan dengan benar.
4.
Menjelaskan
pentingnya peran perkembangbiakan bagi tumbuhan dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin (Discipline)
Rasa hormat dan perhatian (Respect)
Tekun (Diligence)
Tanggung jawab (Responsibility)
Ketelitian (Carefulness)
B.
Materi
Pembelajaran
Reproduksi generatif pada
tumbuhan.
C. Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah dan diskusi.
Model
: Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
a. Guru
dan siswa masuk kelas tepat waktu dan memberi salam serta berdoa sebelum
belajar.
b. Guru
mengecek kehadiran siswa dan memberi teguran pada siswa yang terlambat.
c. Guru
menyampaikan cakupan materi yang akan disampaikan.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari
ini.
e. Guru
memberikan apersepsi dengan pertanyaan:
Apakah
tumbuhan melakukan reproduksi generatif ?
Apasaja alat
perkembangbiakan pada tumbuhan?
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
v Eksplorasi
a. Guru menjelaskan materi tentang reproduksi generatif
pada tumbuhan.
b. Guru menjelaskan materi tentang bagian-bagian bunga.
c. Guru menjelaskan materi tentang penyerbukan.
d. Guru menjelakan materi tentang pembuahan.
e. Siswa
memahami
materi tentang yang dijelaskan oleh guru.
v Elaborasi
a. Guru menampilkan flash tentang bagian-bagian bunga.
b. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian bunga pada flash yang ditampilkan.
c. Guru menambahkan beberapa bagian bunga yang tidak teramati.
d. Siswa diberikan video tentang penyerbukan dan pembuahan.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
a. Guru
bersama siswa melakukan tanya jawab mengenai materi yang tidak dimengerti.
b. Guru menjelaskan tentang hal yang belum diketahui.
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru
bersama dengan siswa membuat kesimpulan mengenai reproduksi generatif pada tumbuhan.
b. Guru
memberikan post test diakhir pelajaran.
E.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop.
2.
Proyektor.
3.
Flash
bagian bunga.
4.
Video
penyerbukan dan pembuahan.
5.
Bunga
sepatu
F.
Sumber
Pembelajaran
1. Wariono, Sukis. 2008. Mari Belajar
Ilmu Alam Sekitar. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
2. Daroji. 2007. Sukses Belajar ILMU PENGETAHUAN ALAM 3. Solo: PT. Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri.
3. Guru
dan siswa.
G. Penilaian
a.
Teknik penilaian :
tes tulis
b.
Bentuk instrumen :
tes uraian
c.
Instrument :
1.
Perkembangbiakan
pada makhluk hidup yang didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dan sel
kelamin betina disebut dengan istilah? (2)
2.
Bunga yang
memiliki seluruh bagian utama bunga disebut? (2)
3.
Sebutkan 2 bagian
bunga yang berfungsi sebagai perhiasan bunga!
4.
Kelamin
jantan pada bunga disebut? (2)
5.
Kelamin
betina pada bunga disebut? (2)
6.
Individu
yang memiliki alat kelamin jantan dan alat kelamin betina sekaligus disebut
dengan istilah? (2)
7.
Peristiwa
menempelnya serbuk sari di atas kepala putik disebut dengan istilah? (2)
8.
Penyerbukan
yang dibantu oleh air disebut dengan istilah? (2)
9.
Penyerbukan
antara tumbuhan yang berbeda varietas disebut? (2)
10.
Peristiwa
peleburan inti sel kelamin jantan dan inti sel kelamin betina disebut dengan
istilah? (2)
d. Jawaban soal:
1.
Perkembangbiakan
generative.
2.
Bunga
lengkap.
3.
Mahkota dan
kelopak.
4.
Benang sari.
5.
Putik.
6.
Hermafrodit.
7.
Penyerbukan.
8.
Hidrogami.
9.
Penyerbukan
bastar.
10.
Pembuahan.
e.
x 100
Serang, 5 Desember 2013
Guru Pamong Guru Praktik
Ipong Suginarti, S.Si Andi Rizal
NIP.
197207032002122003 NIM. 2224101018
Mengetahui,
Kepala
sekolah
Hamdan, S.Pd
NIP.
19581206 198003 1 010
0 komentar:
Posting Komentar
semoga bermanfaat