Selasa, 01 Mei 2012

Poaceae dan Cyperaceae

Poaceae dan Cyperaceae merupakan 2 famili atau suku anggota Kelas Monocotyledonae. Kedua kelas ini memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana karakteristik kedua famili ini, telusuri lebih jauh artikel ini.
POACEAE (GRAMINEAE)Suku padi-padian, Poaceae, atau Graminae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Poales, klad commelinids (eumonocots).
Anggota suku ini adalah yang paling tinggi populasinya di dunia karena banyak tanaman budidaya yang menjadi anggotanya dan ditanam luas sebagai bahan pangan utama. Di dalamnya termasuk tumbuhan seperti padi, gandum, jagung, jelai, jewawut, serta sorgum (cantel). Selain itu, bambu dan tebu juga termasuk di dalamnya. Bahan pakan ternak juga banyak memanfaatkan anggota suku ini, seperti rumput gajah dan rumput raja. Anggota suku ini beberapa di antaranya merupakan tumbuhan pengganggu (gulma) yang penting, seperti alang-alang dan rumput bandotan. Ada anggotanya yang merupakan sumber wangi-wangian, yaitu rumput akar wangi dan serai (termasuk sitronela).

Poaceae mempunyai nama lain Gramineae yang merupakan nama untuk kelompok rumput-rumputan. Kelompok ini kadang disebut sebagai Glumiflorae karena bunganya terdiri dari gluma, lemma, dan palea. Gramineae merupakan kelompok yang banyak digunakan dalam kehidupan setelah leguminosae. Beberapa jenis yang menjadi bahan pokok dalam kehidupan adalah Oryza sativa, Zea mays, Triticum sativum, dan Saccharum officinarum.

CYPERACEAE
Suku teki-tekian atau Cyperaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Poales, klad commelinids (eumonocots). Ke dalamnya termasuk teki, papirus, finger millet, dan beberapa tumbuhan dengan nilai ekonomi kurang penting.
Suku ini adalah kerabat terdekat suku padi-padian (Poaceae) dan memiliki banyak kemiripan. Orang yang kurang terbiasa sering mengacaukan teki dari rumput biasa karena penampilannya yang mirip, seperti daun berbentuk lanset, kebanyakan berwujud terna kecil yang mudah menjadi tumbuhan pengganggu (gulma), serta susunan bunga yang mirip.
Beberapa jenis yang memiliki nilai ekonomi (tidak selalu positif, karena dapat merugikan pula) di antaranya adalah
Skema bunga Cyperaceae
Perbedaan Poaceae, Cyperaceae, dan Juncaceae

 
sumber: http://princesssaccharifera.blogspot.com/2010/02/poaceae-vs-cyperaceae.html

2 komentar:

APRIANI HARAHAP mengatakan...

Terima kasih untuk penjelasannya, tapi bolehkah saya meminta contoh-contoh dari cyperaceae ?

APRIANI HARAHAP mengatakan...

Maksud saya poaceae bukan cyperaceae

Posting Komentar

semoga bermanfaat